Domba
PEMASARAN DOMBA
Domba merupakan salah satu ternak ruminansia kecil yang belakangan ini sudah banyak diternakkan oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Ternak ini adalah ternak penghasil daging dan susu. Kelebihan ternak ini adalah mudah dipelihara dan dapat dijumpai di berbagai lingkungan, baik basah, kering maupun tropis (ekstrim) karena memiliki daya adaptasi yang cukup baik. Selain itu, ternak ini juga merupakan salah satu ternak yang berpotensi sebagai penyedia daging.
PEMASARAN
Pemasaran domba bisa dilakukan dengan cara melakukan penyaluran ke pasar hewan atau pasar tradisional untuk dijual karkasnya. Namun tidak jarang dijual untuk acara keagamaan seperti aqiqah dan qurban. Dilihat dari sisi demand, ternak domba memiliki pasar khusus (niece market) yang belum tergantikan oleh ternak lainnya, seperti daging domba disukai oleh pedagang sate, katering ataupun rumah makan. Ada 4 pasar potensial yang bisa dimanfaatkan oleh peternak untuk memasok dombanya, yiatu: (1) pasar harian, yaitu untuk suplai ke pedagang sate, katering, atau restoran, (2) pasar mingguan, yaitu menjajakan dombanya di pasar-pasar hewan, (3) pasar tahunan, yaitu hari raya Idul Adha, dan (4) pasar spesial/khusus, yaitu khusus untuk domba-domba adu yang biasanya dilakukan pada turnamen-turnamen domba Garut.
DAFTAR PUSTAKA
Asmaq, N., F. Wibowo, dan M. Rinaldi. 2023. Kualitas Daging Domba dengan Pemanfaatan Tanaman Endemik. Penerbit Tahta Media.
Firman, A., L. Herlina, M. Paturochman, dan M. M. Sulaeman. 2018. Penenentuan kawasan unggulan agribisnis ternak domba di Jawa Barat. J. Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 4(1): 111-125.
Comments
Post a Comment